ﻭﻗﻴﻞ ﻋﻼﻣﺔ ﺍﻟﻮﻟﻰ ﺛﻼﺛﺔ ﺷﻐﻠﻪ ﺑﺎﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻭﻓﺮﺍﺭﻩ ﺍﻟﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻭﻫﻤﻪ ﺍﻟﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﺰ ﻭﺟﻞ
Dikatakan bahwa tanda2 wali itu ada 3:
selalu sibuk dengan ALLAH, lari menuju pada ALLAH dan tujuannya hanya pada ALLAH semata
ﻭﻗﺎﻝ ﺍﺑﻮ ﻋﺜﻤﺎﻥ ﺍﻟﻤﻐﺮﺑﻰ ﺍﻟﻮﻟﻰ ﻗﺪ ﻳﻜﻮﻥ ﻣﺸﻬﻮﺭﺍ ﻭﻟﻜﻦ ﻻ ﻳﻜﻮﻥ ﻣﻔﺘﻮﻧﺎ ﺑﺄﻥ ﺗﻜﻮﻥ ﺷﻬﺮﺗﻪ ﺑﺮﻛﺔ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﻋﻠﻰ ﻏﻴﺮﻩ
Abu Utsman almagrobi berkata,wali itu terkadang masyhur namun tidak menjadikan ia terfitnah atas kemasyhurannya, justru kemasyhuran tersebut menjadi berkah baginya dan orang lain
[Sirojut Tholibin juz 1 hal 17]
Betapa sulitnya mengenali seorang wali
ﻗﺎﻝ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺍﺑﻮ ﺍﻟﻌﺒﺎﺱ ﺭﺿﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻲ ﻋﻨﻪ ﻣﻌﺮﻓﺔ ﺍﻟﻮﻟﻰ ﺍﺻﻌﺐ ﻣﻦ ﻣﻌﺮﻓﺔ ﺍﻟﻠﻪ ﻓﺎﻥ ﺍﻟﻠﻪ ﻣﻌﺮﻭﻑ ﺑﻜﻤﺎﻟﻪ ﻭﺟﻤﺎﻟﻪ ﻭﺣﺘﻰ ﻭﻣﺘﻰ ﺗﻌﺮﻑ ﻣﺨﻠﻮﻗﺎ ﻓﺘﻠﻚ ﻳﺄﻛﻞ ﻛﻤﺎ ﺗﺄﻛﻞ ﻭﻳﺸﺮﺏ ﻛﻤﺎ ﺗﺸﺮﺏ
Syeikh Abul Abbas ra.berkata: mengenali seorang wali itu lebih sulit dari pada mengenali ALLAH karena ALLAH itu bisa dikenali dengan sifat2nya yang sampurna dan indah,sedangkan para wali bisa engkau jumpai kapan saja atau dimana saja,berupa makhluk yang sama seperti keadaanmu,ia makan dan minum seperti halnya dirimu
Sebenarnya wali itu rahasia yang memang sengaja dirahasiakan Allah
ﻛﻴﻒ ﺗﻌﺮﻑ ﺍﻭﻟﻴﺎﺀ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻓﻘﺎﻝ ﺍﻥ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻻ ﻳﻌﺮﻓﻬﻢ ﺍﻻ ﻻﺷﻜﺎﻟﻬﻢ ﺍﻭ ﻣﻦ ﺍﺭﺍﺩ ﺍﻥ ﻳﻨﻔﻌﻪ ﺑﻬﻢ ﻭﻟﻮ ﺍﻇﻬﺮﻫﻢ ﺣﺘﻰ ﻳﻌﺮﻓﻬﻢ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻟﻜﺎﻧﻮﺍ ﺣﺠﺔ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻭﻣﻦ ﺧﺎﻟﻔﻬﻢ ﺑﻌﺪ ﻋﻠﻤﻪ ﺑﻬﻢ ﻛﻔﺮ ﻭﻣﻦ ﻗﻌﺪ ﻟﻬﻢ ﺣﺮﺝ ﻭﻟﻜﻦ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﺟﻌﻞ ﺍﺧﺘﻴﺎﺭﻩ ﺗﻐﻄﻴﺔ ﺍﻣﻮﺭﻫﻢ ﺭﺣﻤﺔ ﻣﻨﻬﻢ ﻟﺨﻠﻘﻪ ﻭﺭﺃﻓﺔ
BAGAIMANA PARA WALI ITU DIKENAL ?
Maka menjawab,sesungguhnya ALLAH tidak akan memberi tahukan keadaan mereka kecuali kepada sesama mereka atau kepada orang- orang yang dikehendaki ALLAH untuk memetik manfaat darinya,seandainya ALLAH memperlihatkannya, sehingga manusia mengenalinya niscaya ia akan menjadi bukti atas kesalahan manusia kelak di hari kiamat dan orang-orang yang mengingkarinya niscaya akan kufur,begitu juga orang-orang yang tidak menghiraukannya niscaya akan berdosa ALLAH merahasiakannya semata- mata hanya kasihan kepada mahluk- mahlukNYA
[Syarah Hikam juz 2 hal 3]
Sebagian dari pembagian wali
ﻗﺎﻝ ﺑﻌﻀﻬﻢ ﻋﻼﻣﺔ ﺍﻻﺑﺪﺍﻝ ﺍﻥ ﻻ ﻳﻮﻟﺪ ﻟﻬﻢ
sebagian ulama' berkata: ciri ciri wali abdal itu tidak mempunyai anak
ﻭﻗﺎﻝ ﺍﺣﻤﺪ ﺍﻥ ﻟﻢ ﻳﻜﻮﻧﻮﺍ ﺍﺻﺤﺎﺏ ﺍﻟﺤﺪﻳﺚ ﻓﻤﻦ ﻫﻢ
Imam Ahmad berkata: wali wali abdal siapa lagi kalau bukan ahli hadis?
[Sirojut Tholibin juz 1 hal 262]
ﻭﻗﺪ ﺍﺗﻔﻘﻮﺍ ﻋﻠﻰ ﺍﻥ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻰ ﺭﺿﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﻛﺎﻥ
ﻣﻦ ﺍﻻﻭﺗﺎﺩﻭﻓﻰ ﺭﻭﺍﻳﺔ ﺍﻧﻪ ﺗﻘﻄﺐ ﻗﺒﻞ ﻣﻮﺗﻪ
Ulama' sepakat bahwa imam syafii R.A. termasuk golongan wali autad dan menurut satu riwayat beliau menjabat sebagai wali qutub sebelum wafatnya
[Al-fatawi al-Hadisiyyah hal 232]
ﻣﺎ ﻳﻘﻊ ﻟﻠﻤﻼﻣﺘﻴﺔ
Kejadian pada wali malamatiyyah
ﻭﻫﻢ ﻗﻮﻡ ﻃﺎﺑﺖ ﻧﻔﻮﺳﻬﻢ ﻣﻊ ﺍﻟﻠﻪ ﻓﻠﻢ ﻳﻮﺩﻭﺍ ﺃﻥ ﺃﺣﺪﺍ ﻳﻄﻠﻊ ﻋﻠﻰ ﺃﻋﻤﺎﻟﻬﻢ ﻏﻴﺮﻩ ﻓﺈﺫﺍ ﺭﺃﻯ ﺃﺣﺪ ﻣﻨﻬﻤ ﺄﻥ ﺃﺣﺪﺍ ﺍﻋﺘﻘﺪ ﻓﻴﻪ ﺧﺮﺏ ﺃﻱ ﺍﺭﺗﻜﺐ ﻣﺎ ﻳﺬﻡ ﺑﻪ ﻇﺎﻫﺮﻩ ﻣﻦ ﻓﻌﻞ ﻭﻗﻮﻝ ﻛﺴﺮﻗﺔ ﺑﻌﺾ ﺍﻷﻭﻟﻴﺎﺀ ﻭﻫﻮ ﺇﺑﺮﺍﻫﻴﻤ ﺎﻟﺨﻮﺍﺹ ﻧﻔﻊ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﻪ ﻭﻧﺎﻫﻴﻚ ﺑﻪ ﻋﻠﻤﺎ ﻭﻣﻌﺮﻓﺔ ﻟﻤﺎ ﺭﺃﻯ ﺃﻫﻞ ﺑﻠﺪﻩ ﻳﻌﺘﻘﺪﻭﻧﻪ ﺳﺮﻕ ﺛﻴﺎﺑﺎ ﻣﻦ ﺍﻟﺤﻤﺎﻡ ﻻﺑﻦ ﺍﻟﻤﻠﻚ ﻭﺧﺮﺟﻴﺘﺒﺨﺘﺮ ﺑﻬﺎ ﺣﺘﻰ ﺃﺩﺭﻙ ﻓﻀﺮﺏ ﻭﺃﺧﺬﺕ ﻣﻨﻪ ﻭﺳﻤﻰ ﻟﺺ ﺍﻟﺤﻤﺎﻡ ﻓﻘﺎﻝ ﺍﻵﻥ ﻃﺎﺑﺖ ﺍﻹﻗﺎﻣﺔ ﻓﻲ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﺒﻠﺪ
Wali malamatiyyah adalah kaum yang selalu menjaga kebaikan hatinya untuk ALLAH semata,mereka tidak menyukai orang lain melihat amalnya-amalnya,dan ketika seseorang mengetahui kebaikannya,maka mereka segera merusak amal-amal tersebut yaitu dengan melakukan perbuatan atau perkataan yang kelihatannya tercela seperti contoh yang pencurian yang dilakukan sebagian auliya' yaitu IBROHIM BIN KHOWAAS semoga ALLAH memberikan manfaat dan kejadian ini cukup untuk dipetik sebagai ilmu pengetahuan.ketika itu penduduk kampungnya menganggap ibrohim bin khowaas mencuri beberapa potong baju kepunyaan pangeran dari sebuah pemandian air hangat mereka menjumpai ibrahim dengan bangga keluar dari pemandian ,kemudian ditangkap ramai-ramai oleh penduduk ,dipukul dan baju-baju itu diambil kembali.kemudian beliau mendapat julukan
"pencuri pemandian air hangat" setelah kejadian itu,ibrahim pun berucap,sekarang baru dikatakan baik berdiam dikampung ini,
ﻓﺈﻥ ﻗﻠﺘﻤﺎ ﺗﺄﻭﻳﻠﻪ ﻓﻲ ﻟﺒﺲ ﺛﻴﺎﺏ ﺍﻟﻐﻴﺮ ﻗﻠﺖ ﻳﺤﺘﻤﻞ ﺃﻧﻪ ﻋﻠﻢ ﻋﺘﺒﻪ ﻭﺭﺿﺎﻩ ﺑﻞ ﺃﺭﺿﺎﻩ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻌﻠﻢ ﻗﻠﺒﻪ ﻧﻈﺮﺍ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻐﺎﻟﺐ ﻷﻥ ﻣﻦ ﺍﻃﻠﻌ ﻌﻠﻰ ﺑﺎﻃﻦ ﻋﺒﺪ ﺃﻧﻪ ﻓﻲ ﻏﺎﻳﺔ ﺍﻟﺼﻼﺡ ﻭﺃﻥ ﻟﺒﺴﻪ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﺰﻣﻦ ﺍﻟﻴﺴﻴﺮ ﻟﻴﻄﻬﺮ ﻧﻔﺴﻪ ﻣﻦ ﺍﻟﻨﻈﺮ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﺨﻠﻖ ﺭﺿﻰ ﻟﻪ ﺑﺬﻟﻜ ﻘﻄﻌﺎ
Jika kamu bertanya,apa sebaiknya alasan yang tepat untuk diperbolehkan memakai pakaian orang lain (dalam peristiwa
ini)saya katakan bahwa kemungkinan ibrahim bin khowaas telah mengetahui kadar kemarahan dan kerelaan pemiliknya,bahkan kejadian itu bisa menyebabkan kerelaannya, meskipun hatinya tidk mengetahui secara pasti,namun hal itu bisa berdasar pada
kebiasaan,karena jika si pangeran tadi mengetahui kebaikan seorang hamba (ibrohim) yang memakai pakaiannya dalam waktu sebentar dengan tujuan membersihkan hati supaya tidak
dipandang simpati oleh para makhluk niscaya ia akan merelakannya
ﻭﻗﺪ ﺻﺮﺡ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﺑﺄﻧﻪ ﻳﺠﻮﺯ ﺃﺧﺬ ﺧﻼﻝ ﻭﺧﻼﻟﻴﻦ ﻣﻦ ﻣﺎﻝ ﺍﻟﻐﻴﺮ ﻧﻈﺮﺍ ﺇﻟﻰ ﺃﻥ ﺫﻟﻚ ﻣﻤﺎ ﻳﺘﺴﺎﻣﺤ ﺒﻪ ﻋﺎﺩﺓ ﻭﻣﺴﺌﻠﺘﻨﺎ ﺃﻭﻟﻰ ﻣﻦ ﺫﻟﻚ ﻷﻥ ﺃﻛﺜﺮ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻣﺠﺒﻮﻟﻮﻥ ﻋﻠﻰ ﻣﺤﺒﺔ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﻄﺎﺋﻔﺔ ﺑﻞ ﻛﻠﻬﻢ ﻣﻨﻘﺎﺩﻭﻥ ﺇﻟﻯ ﺎﻟﺼﺎﺩﻗﻴﻦ ﻣﻦ ﺃﻫﻠﻬﺎ ﺛﻢ ﺭﺃﻳﺖ ﺑﻌﻀﻬﻢ ﺃﺟﺎﺏ ﺑﺠﻮﺍﺏ ﺁﺧﺮ ﺣﻴﻦ ﺳﺄﻟﻪ ﻓﻘﻴﻪ ﻋﻨﻬﺎ ﻻ ﺃﻗﻨﻊ ﺇﻻ ﺑﻜﻼﻡ ﺍﻟﻔﻘﻬﺎﺀ ﻓﻘﺎﻷﻟﻴﺲ ﻳﺠﻮﺯ ﻓﻲ ﻇﺎﻫﺮ ﺍﻟﻔﻘﻪ ﺍﺳﺘﻌﻤﺎﻝ ﺑﻌﺾ ﺍﻟﻤﺤﺮﻣﺎﺕ ﻟﻠﻀﺮﻭﺭﺓ ﻛﺎﻟﺘﺪﺍﻭﻱ ﺑﺎﻟﻨﺠﺎﺳﺔ ﻓﻘﺎﻝ ﺍﻟﻔﻘﻴﻪ ﺑﻠﻰ
Sungguh as-Syafi'i telah menerangkan bahwa diperbolehkan mengambil 1 atau 2 cukil gigi dari harta orang lain,karena pada umumnya kejadian seperti ini bisa dimaafkan,sementara itu masalah yang sedang kita bicarakan ini lebih penting dari pada hanya sekedar mengambil cukil gigi, lagi pula kebanyakan manusia sangat menyukai kaum shufi atau bahkan menjadi pengikut setia dari kelompok mereka.kemudian aku mengamati sebagian fuqoha' memberikan jawaban lain ketika ditanya oleh seorang faqieh tentang peristiwa diatas,sebelumnya ia mengatakan,,aku tidak akan menerima kecuali dengan jawaban yang sesuai dengan pendapat fuqoha' maka merekapun memberikan jawaban bukankah menurut dzohirnya fiqih diperbolehkan berobat dengan sebagian dari barang- barang yang diharamkan karena dlorurot seperti halnya memakai obat yang najis? maka faqih tersebut pun menjawab ya memang benar demikian.
ﺍﻟﻔﺘﺎﻭﻯ ﺍﻟﺤﺪﻳﺜﻴﺔ ﻻﺑﻦ ﺣﺠﺮ ﺍﻟﻬﻴﺘﻤﻲ - )ﺝ / 1
Wallahu a'lam
No comments:
Post a Comment